Kenaikan Gaji PNS Menunggu Keputusan DPR


PEMERINTAH mengharap agar DPR menyepakati kenaikan gaji PNS sebesar 20 persen yang diusulkan pemerintah. Di tahun 2008, pemerintah berencana untuk meningkatkan gaji pokok pegawai negeri dan TNI Polri sebesar 20 persen, serta meningkatkan uang makan dan lauk pauk bagi TNI dan Polri.

Pemerintah juga berjanji akan mengembangkan program bantuan pendidikan, asuransi kesehatan miskin, subsidi beras, dan berbagai subsidi dan bantuan bagi kelompok petani, nelayan, dan usaha kecil dan koperasi untuk memperbaiki kesejahteraan dan daya beli bagi masyarakat luas, terutama kelompok miskin.

Sementara pertumbuhan konsumsi pada Semester I tahun 2007 mencapai 4,7 persen dibanding semester yang sama pada tahun 2006. Hal itu diutarakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Rapat Paripurna DPR RI dan Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2007-2008, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

“Tinggal kita menunggu keputusan DPR, kita sudah sampaikan nota keuangan pada 16 Agustus 2006 lalu kan,” kata Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi di Istana Presiden akhir pekan lalu.

Menurut Men PAN, kenaikan 20 persen gaji PNS sangat wajar, dan tidak berpengaruh signifikan atas ABPN. “Masih kecil sekali. Tahun ini Insya Allah, sudah bisa ditingkatkan gaji PNS naik 20 persen. Itu tidak besar. Kalau 20 persen dari gaji 1,2 juta orang berapa? Itu cukup besar. Tapi, itu per orang. Karena PNS makan per orang. Jangan makan kalinya, kasian. Itu bisa menyesatkan,” kata Taufiq.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, dalam RAPBN 2008, alokasi anggaran untuk gaji dan tunjangan direncanakan mencapai Rp75.951,5 miliar (1,8 persen dari PDB), atau naik Rp19.221,2 miliar (33,9 persen) dari alokasi anggaran gaji dan tunjangan yang diperkirakan dalam RAPBN-P tahun 2007 sebesar Rp56.730,3 miliar.

Menurut Sri, peningkatan anggaran belanja untuk gaji dan tunjangan dalam tahun 2008tersebut terutama berkaitan dengan berbagai rencana atau langkah-langkah kebijakan, seperti penyesuaian gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sekitar 20 persen, pemberian gaji bulan ketiga belas bagi PNS dan anggota TNI/Polri, penyesuaian uang makan/lauk pauk bagi anggota TNI/Polri dari Rp30.000 per orang per hari menjadi Rp35.000 per orang per hari dan penyesuaian uang makan bagi PNS dari Rp10.000 per orang per hari kerja menjadi Rp15.000 per orang per hari kerja, serta rencana pengangkatan pegawai baru yang menjadi beban pemerintah pusat.

Kebijakan penyesuaian gaji pokok PNS tersebut, diarahkan selain untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai, juga sekaligus bertujuan untuk memperbaiki perbandingan antara gaji pokok terendah dengan gaji pokok tertinggi, sehingga diperoleh skala gaji pokok yang lebih mencerminkan rasa keadilan.

Dengan kebijakan peningkatan gaji pokok dalam tahun 2008 tersebut, maka diharapkan penghasilan (take home pay) pegawai terendah akan

mengalami peningkatan sekitar 20,0 persen, yaitu dari sekitar Rp1.250.000pada tahun 2007 menjadi sekitar Rp1.500.000 pada tahun 2008.

Sementara itu, kebijakan pemberian gaji bulan ketiga belas yang direncanakan akan diberikan pada tahun ajaran baru, terutama diarahkan untuk memberikan bantuan kepada pegawai dalam rangka meringankan beban biaya pendidikan.

Selanjutnya, alokasi anggaran gaji bagi pegawai pusat baru selain berkaitan dengan kebijakan pemerintah untuk mengangkat tenaga honorer yang ada saat ini, juga berkaitan dengan rencana pengangkatan tenaga ikatan dinas dan tenaga-tenaga strategis lainnya yang dibutuhkan oleh beberapa kementerian/lembaga.

Namun, kenaikan gaji pokok sebesar 20 persen pada 2008 diharapkan diikuti dengan stabilisasi harga barang kebutuhan hidup.

M. Yamin Panca Setia

Photo: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara [TEMPO/Zulkarnain]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s