Nasib Empat Investor Jalan Tol Belum Ditentukan

DEPARTEMEN Pekerjaan Umum (PU) ternyata belum bisa memastikan nasib empat investor yang akan membangun jalan tol Cikampek-Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Semarang-Batang.

Padahal, Departemen PU tadinya berencana akan memutuskan nasib empat investor jalan tol, kemarin (19/6) guna mempercepat pembangunan infrastruktur jalan tol.

Empat investor itu antara lain: PT Pejagan Pemalang Tol Road (Pejagan-Pemalang), PT Pemalang Batang Tol Road (Semarang-Batang), PT Marga Setiapuritama (Semarang-Batang Cikampek-Palimanan), dan PT Lintas Marga Sedaya (Cikampek-Palimanan).

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto kepada Jurnal Nasional mengatakan, dirinya sudah menghubungi Hisnu Pawenang, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk memastikan nasib empat investor tersebut.

“Barusan saya telpon (Hisnu), bagaimana memblekan. Cuma janji-janji saja. Ya sudah,” katanya setelah rapat terbatas membahas soal rekening liar temuan Badan Pemeriksa Keuangan Negara di Istana Presiden, Jakarta, kemarin.

Menurut Djoko, dirinya belum ketemu dengan Hisnu untuk mengetahui lebih detail tentang persyaratan yang telah dipenuhi para investor. Namun, dari informasi Hisnu, lanjut Djoko, dirinya menilai hingga kini investor belum bisa memberikan jaminan. “Yang saya pahami, (investor) tidak bisa memberikan jaminan dan jawaban analisis yang menyakinkan.”

Kalau memang tidak ada jaminan, katanya, pemerintah segera memutuskan kontraknya.

“Kalau nanti Hisnu sudah cerita ke saya dengan detail, surat-suratnya di mana, ya arahnya ke sana (diputuskan kontraknya).”

Karena tidak ada kepastian, lanjut Djoko, pemerintah belum bisa mengeluarkan surat resmi pembangunan jalan tol. Saat ditanya kapan surat resmi itu keluar, Djoko berjanji secepat mungkin. “Ya secepat mungkin. Hari ini belum diputuskan, tapi didalam benak saya, kira-kira begitu, belum bisa diputuskan,” ujarnya sambil mengelah nafas.

Namun, Djoko memperkirakan, paling lambat surat resmi itu keluar minggu depan. “Untuk apa sih, keputusan itu ditentukan sekarang, atau lusa dan minggu depan, kan tidak ada bedanya.”

Sebelumnya, Departemen PU akan memutuskan nasib investor-investor pada ruas tol yang belum memenuhi kewajiban pada hari Selasa (19/6).

Saat ini, terdapat empat ruas tol dengan empat investor yang seharusnya menyelesaikan perjanjian kredit. Keempat investor ini, sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang mereka tandatangani tanggal 21 Juli 2006, seharusnya telah menandatangani perjanjian kredit (financial closing) dengan bank selambat-lambatnya sembilan bulan setelah PPJT ditandatangani.

Dari empat investor tersebut, hanya Lintas Marga Sedaya yang menunjukkan perkembangan dalam rencana pembangunan.

Pihak Lintas telah menemui Menteri PU dan telah menunjukkan bukti-bukti perkembangan kerja, serta lengkap dengan PLUS Expressway Bhd, perusahaan asal Malaysia. PLUS dikabarkan masuk ke dalam kerjasama pembangunan tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116 km. Ruas ini mempunyai nilai investasi Rp. 5,9 triliun.

Sementera itu, tiga investor telah menemui Kepala BPJT Senin malam. “Tadi malam, dia (Hisnu, red) datangnya malam, saya tidak mengikuti. Tetapi diikuti oleh kepala BPJT. Barusan saya telpon, bagaimana meblekan. Cuma janji-janji saja. ya sudah, tapi ya surat resmi belum dikeluarkan karena saya ingin mendapatkan laporan resmi.”

Djoko menegaskan, kalau memang tidak ada jaminan, pemerintah akan memutuskan. “Kalau nanti Hisnu sudah cerita ke saya dengan detail, surat-suratnya di mana, ya arahnya ke sana.”

Pekan lalu, Menteri PU telah memutus kontrak kerjasama dengan PT. Setdco Intrinsic Nusantara. Perusahaan milik pengusaha Setiawan Djodi ini adalah bekas pemegang konsesi ruas Pandaan-Malang. Pemerintah, kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hisnu Pawenang, akan melakukan tender ulang ruas ini.

M. Yamin Panca Setia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s