Pertahankan Bali Sebagai Pulau Terbaik di Dunia


DI akhir pekan lalu. Langit Denpasar, Bali terlihat cerah. Tak nampak gumpalan kabut hitam siang itu. Angin semilir bertiup menabur keteduhan.

Tepatnya di Jalan Juanda, Puputan, Renon Denpasar, ribuan warga tumpah ruah menutupi jalan. Mereka berbondong-bondong mendekati Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk menyaksikan pesta akbar tahunan, yakni Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 29—yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jalan itu dipadati ratusan seniman tari dan musik tradisional. Mereka tak hanya datang dari seluruh penjuru Bali. Namun juga diramaikan seniman tradisional dari daerah lain seperti Sumenep (Jawa Timur), Sumba Barat (NTT), Jakarta, Lampung Timur, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Papua dan daerah lain. Bahkan, seniman muda tradisional dari China, Jepang, Amerika Serikat, Singapura, dan Kanada ikut juga memeriahkan pesta.

Gubernur Bali Dewa Beratha menjelaskan, PKB adalah ajang penyelenggaraan kegiatan seni budaya, yang tidak hanya mewadahi seniman Bali, tapi juga dari luar. PKB adalah sebuah persembahan keindahan kepada dirinya sendiri, lingkungan dan Tuhan Yang Maha Esa.

Misi dan visi digelarnya PKB adalah memberikan rung bebas kepada seniman dan masyarakat untuk bekarya, serta menampilkan karya, pengembangan dan pelestarian. Sementara platform pesta mengangkat tema sabda alam, kedamaian dan keindahan dalam kebhenikaan.

Menurut Dewa Beratha, pawai kesenian menampikan hasil karya seni dan kerajinan khas kabupaten dan kota di Bali. Sejumlah lomba pun digelar seperti sayembara penulisan naskah lagu populer Bali, lomba gong ana-anak dan dewasa, kerajinan, lagu pop untuk anak-anak dan remaja, merangkai bunga janur, makanan dan busana, topeng pajegan, angklung, tari kreasi, parade baris gede dan legong klasik.

Dalam sambutannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharap agar PKB tahun ini dapat semakin mengembangkan seni dan budaya Indonesia.

“‘Selamat mengikuti pekan kesenian Bali yang adi luhung. Marilah kita terus kembangkan kreatifitas yang khas. kita semua bangga karena komunitas luar negeri memberikan catatan bahwa Bali dinobatkan sebagai the world best island’” kata Presiden SBY dalam sambutannya.

Presiden menyerukan agar keindahan lingkungan Bali terus dijaga sehingga Indonesia dapat terus menghadirkan lingkungan yang asri. ”Lingkungan yang indah yang suatu saat jadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Pulau Dewata,” kata Presiden.

Presiden juga mengharap agar warisan tradisi masyarakat Bali terus dipertahankan. “Terus dilakukan upaya mempertahankan kelestarian kekuatan, kekhasan dan karakter Bali seperti keindahan alamnya, kekayaan seni dan budayanya, kehidupan spiritualnya dan keunikan lainnya.”

Menurut Kepala Negara, tidak banyak di dunia ini ada sebuah pulau yang begitu kaya akan kekhasan dan kebesarannya.”Karenanya gunakan kreatifitas dan kekayaan seni dan budaya tanpa mengurangi identitas bangsa. Pertahankan karakter Bali, kekayaan alam dan spritual, ” katanya.

Presiden juga menghimbau agar semua elemen masyarakat di Bali memelihara situasi Bali yang aman dan damai. Gubernur dan bupati juga diharap agar mempermudah bagi setiap wisatan baik dalam maupun luar negeri yang akan bertandang ke Bali.

“Pemerintah terus berupaya untuk menggerakkan dan meningkatkan sektor keparwisataan dan kebudayaan di seluruh tanah air. Bali adalah andalan kepariwisataan di Indonesia,” kata Presiden.

Menurut Presiden, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang tidak dimiliki negara lain. Potensi itu harus terus dikembangkan guna menggenjot pertumbuhan ekonomi khususnya dari sektor pariwisata.

Di Abad 21 ini, lanjut Presiden, Indonesia harus mengembangkan kepariwisataan dan ekonomi yang berbasis lingkungan dan warisan budaya.

Bali adalah contoh yang membanggakan pariwisata Indonesia di mata internasional dalam mempertahankan lingkungan dan warisan tradisi nenek moyang.

Presiden menilai, tidak banyak di dunia ini ada sebuah pulau yang begitu kaya akan kekhasan dan kebesarannya.

”Karenanya gunakan kreatifitas dan kekayaan seni dan budaya tanpa mengurangi identitas bangsa. Pertahankan karakter Bali, kekayaan alam dan spritual. Semua pihak dapat terus menunjukan kepada dunia bahwa Bali benar-benar Pulau Dewata dan pulau terindah di dunia. ‘Terus dilakukan upaya mempertahankan kelestarian akan kekuatan, kekhasan dan karakter Bali seperti keindahan alamnya, kekayaan seni dan budayanya, kehidupan spiritualnya dan keunikan lainnya,” ujar Presiden.

Presiden juga menghimbau agar semua elemen masyarakat di Bali memelihara situasi Bali yang aman dan damai. Gubernur dan bupati juga diharap agar mempermudah bagi setiap wisatan baik dalam maupun luar negeri yang akan bertandang ke Bali.

”Pemerintah terus berupaya untuk menggerakan dan meningkatkan sektor keparwiisataan dan kebuayaan di seluruh tanah air. Bali adalah andalan kepariwisataan di Indonesia,” kata Presiden.

Saat gong pembukaan PKB ditabuh Presiden, gempita musik dan tradisional pun langsung menyambut. Aroma Bali begitu menyergap.

Tabuhan gamelang dan gendang saut menyaut saat mengiringi tarian Shiwa Nataraja sebagai bentuk penghormatan masyarakat Bali terhadap Dewa Shiwa yang selalu terus berkarya menciptkan ritme seni hingga diwarisi penghuni Pulau Dewata hingga kini.

Ratusan merpati putih pun dilepas sebagai tanda pesta dimulai.

Pawai seni dan budaya dimulai. Masing-masing peserta festival yang diwakili secara berkelompok dari daerahnya diberikan kesempatan beratraksi menampilkan kepiawannya.

Pawai itu mengangkat tema Sura Dira Jayeng Rat, yang artinya Aktualisasi kepahlawanan menuju kesejahteraan rakyat. Sementara sub tema mengangkat tema Rucira Sancaya, lewat pertunjukan Tari Gunung Mandara yang mengisahkan pemutaran Gunung Mandara Giri yang dilakukan dewa dan raksaksa untuk memperebutkan Tirta Amerta (air suci kehidupan).

M. Yamin Panca Setia

Photo: Abror/sby.info

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s