Terus Perangi Buta Aksara


IBU Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan agar semua pihak terus memerangi buta aksara yang masih banyak ditemukan di sejumlah daerah. Ibu Negara menilai perlu dibangun fasilitas perpustakaan yang memudahkan anak-anak dan remaja untuk membaca, sehingga lebih membangun menguasai pengetahuan. Dengan demikian nantinya, sumber daya manusia Indonesia dapat bersaing di pentas global.

“Buta aksara harus terus kita perangi,” ujarnya saat memberi sambutan sebelum menyerahkan secara simbolis mobil dan motor pintar kepada Bupati Karang Asem, I Wayan Gredek, di Denpasar akhir pekan lalu.

Dalam sambutannya, Ani SBY mengaku prihatin atas harapan anak-anak begiru besar akan adanya perpusatakaan. Sementara untuk membangun satu perpustakaan di setiap sekolah, dananya tidak mencukupi.

Karena itu, Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (IKIB) memiliki ide untuk membuat perpustakaan keliling dengan menggunakan mobil dan motor. Mobil itu dihiasi gambar kartun menarik dan bertuliskan “Gemar Membaca Meraih Cita-cita.”

Perpustakaan keliling itu dinamakan Mobil dan Motor Pintar. “Dinamakan pintar karena mengajak anak-anak untuk belajar, membaca sehingga nantinya lebih menguasai pengetahuan,” ujar Ibu Negara.

Perpustakaan itu akan berkeliling desa yang dipandu tutor dari Universitas Negeri Jakarta dan anggota masyarakat yang menjadi asisten tutor.

Mobil dan motor itu sudah didesain sedemikian rupa sehingga menarik minat anak-anak untuk belajar. Di kendaraan pintar itu, tersedia banyak buku, dan sejumlah peralatan belajar maupun permainan yang mendidik seperti televisi, mpeg 4 DVD, laptop komputer dan alat permainan. “Ada juga boneka untuk mainan sandiwara anak-anak yang dalam rentan waktu tiga tahun anak-anak dididik untuk mempraktekannya.”

Menurut Ani SBY, perpustakaan keliling diharapkan dapat dibangun di seluruh Indonesia. Ibu Negara bertandang ke Bali sekaligus mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pembukaan Pesta Kesenian Bali XXIX Tahun 2007.

Presiden bersama Ibu negara tiba di Bandara Udara International Ngurah Rai, Denpasar Bali sekitar pukul 10.05 WITA. Kedatangan Presiden disambut Menteri Kebudyaan dan Pariwisata Jero Wacik, Gubernur Bali Dewa Beratha, Bupati Karang Asem I Wayan Gredek dan jajaran Muspida Propinsi Bali.

I Wayan Gredek mengatakan, sumbangan Mobil dan Motor Pintar yang diberikan Solidaritas IKIB sangat membantu proses pendidikan di Karang Asem sebagai kabupaten tertinggal di Bali. Dengan bantuan itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan anak-anak. Wayan mengaku, ada enam kecamatan di daerahnya yang tidak terdapat taman kanak-kanak. “Partisipasi tenaga pendidik anak hanya 23 persen,” katanya.

M. Yamin Panca Setia

Photo: Ani Yudhoyono bersama Bupati Karangasem I Wayan Geredeg melihat Mobil dan Motor Pintar, di Denpasar Bali (abror/presidensby.info)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s